Pages

Anime Bukan Cuma Buat Anak Kecil

Haloooo..
Sekian lama blog ini terabaikan, akhirnya sekarang ada kesempatan lagi buat nulis, kkk. Nah sekarang aku pengen bahas sedikit nih tentang anime. Sebenernya dari beberapa waktu lalu udah pengen banget share tentang hal ini sama orang-orang, terutama setelah ada berita anak yang bunuh diri gara-gara nonton anime.

Agak miris sih denger kejadian ini, antara kesel karena anime dianggap hal yang berbahaya buat anak dan kok bisa sih anak umur segitu nonton yang begitu? Memang orang tuanya ga ngontrol ya apa aja yang ditonton si anak? Ckckck, ya udahlah ya, jadiin pelajaran aja buat yang lainnya.

Kayak yang udah aku bilang tadi, dengan adanya kejadian itu pasti banyak orang yang nganggep anime itu hal yang berbahaya dan ga cocok buat anak kecil. Kalau menurutku itu memang bener, tapi ga semua anime mengajarkan hal yang buruk buat anak, kok. Sebagai contohnya yaitu Doraemon, siapa sih yang ga kenal anime yang satu ini? Dari anak kecil, ibu-ibu, bapak-bapak, kakek nenek, eyang, semuanya pasti tau dong. Selain Nobita yang oon ga kepalang dan Giant yang pemarah, banyak hal-hal baik lain yang bisa kita ambil, diantaranya tentang persahabatan, kerja keras, toleransi terhadap semua orang, banyak deh pokoknya.




Sejak kecil kita udah mengenal anime secara tidak sengaja, kita nonton Doraemon, Captain Tsubasa, Sailor Moon, Slamdunk, HunterXHunter, Naruto, Detective Conan, dan masih banyak yang lainnya. Sebenernya memang ada banyak anime yang ga cocok buat jadi tontonan anak kecil, makanya di anime ada rate umurnya mulai dari untuk anak kecil, remaja sampai dewasa karena anime itu ga sama kayak kartun, camkan itu, haha.




"Rik, kok bahas anime mulu sih? Ga aus?" mungkin itu yang orang-orang di sekitarku bilang saat aku ngoceh ini itu tentang anime. Tapi pada akhirnya karena aku sering nonton anime di kamar, kedua abangku kadang jadi suka ikutan dan mereka sekarang ketagihan nunggu lanjutan Kuroko no Basuke sama Haikyuu! haha. Dua anime itu adalah anime yang menceritakan tentang kehidupan para siswa SMA yang bermain basket dan bersaing secara sportif walaupun saat SMP mereka adalah sebuah tim yang sangat kuat (Kuroko no Basuke). sedangkan Haikyuu menceritakan tentang seorang anak saat SMP ga bisa main voli tapi pengen bikin sebuah tim voli walaupun mereka harus latihan sama ibu-ibu RT sebelah, kkk. 




"Rik, masih belom aus ngomongin anime?" ini agak seret sih sampe batuk-batuk segala /gausahcurcol. Jujur, banyak anime yang ngasih banyak inspirasi buat aku, karena di anime banyak hal-hal yang ga mungkin justru dimunculin disana, banyak hal yang bisa memotivasi aku untuk bisa lebih maju, gimana caranya biar ga jadi hikikomori lagi, gimana caranya menghadapi keadaan saat kita terjatuh, gimana caranya kita menghormati orang tua dan bagaimana rasanya saat jatuh cinta /eh.

Jadi, intinya anime itu baik atau buruk itu tergantung anime apa yang kita tonton, kalau anak umur 13 tahun nonton anime yang R18+ ya gitu jadinya, pikirannya belum siap buat mencerna apa maksud dari hal yang ditontonnya. Segala hal ada positif dan negatifnya, kita ambil yang positifnya aja biar seneng :D

Rika Yanti

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

1 comment: